MAHASISWA FAKULTAS MIPA SULAP BOTOL BEKAS JADI BARANG BERNILAI JUAL TINGGI

By: Admin | Posted on: 2014-09-11 | Kunjungan : 888

*Cuplikan dari web HIMATIKA UNIPD

?

Alhamdulilah inilah yang pertama kali terucap dari kelompok PKM-M yang diketuai oleh Fatia Putri Ramadhani mahasiswi semester 5 prodi S1 Pendidikan Matematika FMIPA Unipdu bersama dengan ke empat Rekannya yang juga menduduki semester 5 yakni: Imroatun Mufidah, Devi Laila, Achmad Irfanudin Asbiani, dan? Lidia Wati yang merupakan satu-satunya mahasiswi yang duduk di semester 3

Ketika mengetahui PKM yang mereka ajukan ke DIKTI lolos PIMNAS (Pekan Ilmiah Nasional ) ke 27 di UNDIP Semarang. PKM yang kami ikuti merupakan PKM-M yakni ( Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat ) dan mengambil judul ?Pemanfaatan Limbah Plastic Untuk Meningkatkan Nilai Jual di Daerah Penampungan Candi Mulyo Jombang?.?Tujuan dari diadakannya program PKM-M ini salah satunya adalah?diharapkan masyarakat penampungan dapat memanfaatkan? limbah plastic yang selama ini kurang dapat termanfaatkan dengan baik sehingga dapat meningkatkan nilai jual limbah plastik di daerah penampungan desa candi mulyo kabupaten jombang.


PKM-M ini merupakan salah satu PKM yang terpilih dari 44.000 proposal yang diajukan PTN/PTS se Indonesia kemudian disaring menjadi 7.800 proposal untuk di danai oleh dikti dan kemudian tersaring kembali 440 proposal untuk dinilai di tingkat nasional yakni melalui ajang bergengsi di kalangan mahasiswa se Indonesia yakni PIMNAS (Pekan Ilmiah Nasional ). Hal ini merupakan pengalaman yang sangat luar biasa bagi kami ?yang tidak akan mungkin bisa terlupakan. Dengan adanya kegiatan PIMNAS tersebut banyak ilmu yang dapat kami peroleh dari berbagai juri maupun dari mahasiswa yang berasal dari berbagai macam PTN/PTS se Indonesia, semua ini tidak lepas dari doa beserta dukungan semuanya.



Kegiatan PIMNAS ke-27 yang di laksanakan di Universitas Diponegoro semarang pada tanggal 25-29 Agustus 2014. Pada hari pertama kami di sambut dengan kegiatan welcome dinner yang dilaksanakan di gedung Gradhika Bhakti Praja Jawa Tengah dan pada kesempatan tersebut kami disambut langsung oleh Bapak Ganjar Pranowo, S.H selaku Gubernur Jawa Tengah. Dalam kegiatan tersebut kami disuguhkan berbagai macam hiburan mulai dari pementasan seni tari tradisional & pementasan music dari Bank Jateng. Hari selanjutnya kami bergegas untuk melaksanakan? presentasi didepan kelas yang berisikan dari 3 orang dewan juri, dosen pembimbing dan kelompok PKM dari mahasiswa se Indonesia pada kesempatan presentasi kali ini kami ?mendapat undian nomer ?6, kegiatan ?presentasi di berikan waktu 15 menit untuk menyampaikan proposal yang kami buat dan waktu 15 menit untuk sesi Tanya jawab. Pada saat presentasi berlangsung awalnya kami merasa gugup di hadapan juri dan peserta dari PTN/PTS se Indonesia? dalam ruangan tersebut, akan tetapi sambutan yang baik disampaikan oleh dewan juri yang mengatakan bahwa kelompok kami merupakan kelompok yang unik, dikarenakan cara presentasi yang kami gunakan cukup santai dibandingkan dengan presentasi yang dilakukan oleh kelompok mahasiswa yang lain yang cenderung terlalu formal dan membuat suasana dalam ruangan tesebut menjadi tegang. Dan komentar lain yang disampaikan oleh juri adalah program yang diusung sangat bagus bagi masyarakat didaerah penampungan tersebut karna dapat memperbaiki sendi-sendi ekonomi mereka.

Pagelaran poster dan produk yang diikuti oleh 440 kelompok PKM dilaksanakan dihari ketiga. Banyak dari mahasiswa dari PTN/PTS yang melihat di poster dan produk yang kami buat dengan warga daerah penampungan, mereka tidak menyangka bahwa dari botol bekas yang biasa hanya merupakan sampah yang dibuang oleh orang dan dianggap tidak memiliki nilai jual itu dapat disulap menjadi berbagai produk yang memiliki nilai jual seperti: lampu hias, pet bottle purse, bunga hias dan banyak lagi.?

Semoga ditahun berikutnya lebih banyak lagi proposal yang diterima dari universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum jombang yang diajukan ke DIKTI. Dengan harapan prpopsal yang diajukan dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

GALERI FOTO PRODUK :



?

? *Sumber : http://himatikaunipdu.blogspot.com/2014/09/sepenggal-cerita-pimnas-mahasiswa.htm