Pembekalan Kemampuan Berwirausaha Melalui Matakuliah Keahlian Alternatif Analisis Data Penelitian

By: Admin | Posted on: 2018-02-07 | Kunjungan : 134

Unipdu telah berkomitmen menghasilkan lulusan yang siap bersaing di lingkungan global. Salah satu wujud dari komitmen tersebut yaitu diselenggarakannya Matakuliah Keahlian Alternatif (MKA) yang diharapkan dapat membekali mahasiswa, tidak hanya pengetahuan teoritis, tetapi juga keterampilan dalam berwirausaha. Salah satu MKA yang diselenggarakan oleh Fakultas MIPA Unipdu yaitu MKA Analisis Data Penelitian dengan tema Berwirausaha dengan Statistika.

Penyelenggaraan MKA Analisis Data Penelitian ini dilandasi oleh kebutuhan akan analisis statistik dalam dunia bisnis.Statistika yang merupakan salah satu alat bantu dalam melakukan analisis dapat diterapkan dalam industri makro maupun mikro yang dibutuhkan oleh perusahaan. Beberapa analisis seperti SWOT analysis, technical analysis, financial analysis juga menggunakan ilmu statistika. Survei yang dilakukan dengan benar dapat menggambarkan kondisi objektif dan merupakan salah satu variabel penting dalam membangun usaha. Usaha yang didasarkan survei itu bisa salah atau bisa benar, tetapi tanpa survei bisa salah atau sangat salah. Dengan demikian diperlukan orang-orang yang mampu mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menganalisis data.

Selain hal tersebut diatas, Pengolahan data statistik merupakan hal penting bagi mahasiswa Diploma, S1, S2, S3 dan masyarakat umum yang sedang melakukan penelitian. Bagi sebagian besar orang, pengolahan data menjadi beban atau momok yang menyebabkan orang tersebut kesulitan dan kebingungan dalam menyelesaikan penelitian. Pengolahan data ini dapat dikatakan pasti berkaitan dengan ilmu statistik, dan tidak semua orang menguasainya. Pengolahan data statistik sangat terkait dengan teori alat-alat analisis statistik, kapan alat statistik itu digunakan, perumusan model matematis, kriteria pengujian hasil analisis, teknis pengolahannya dengan program statistik, dan pembacaan hasil interpretasi statistik. Yang lebih penting lagi adalah bahwa hasil interpretasi statistik tersebut digunakan untuk pengambilan keputusan manajerial, pengambilan keputusan bisnis, rekomendasi kebijakan, dan sebagai dasar evaluasi dan revaluasi bagi organisasi atau perusahaan yang sedang melakukan ekspansi bisnis.

Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam MKA ini antara lain perkuliahan untuk pembekalan teoritis, workshop (kuliah praktisi), EXPO MKA, serta kunjungan studi ke Studio Statistika Universitas Brawijaya sebagai pemantapan jiwa kewirausahaan. Kunjungan ke Studio Statistika meliputi kegiatan seminar dan diskusi serta sharing pengalaman antara mahasiswa Unipdu dengan mahasiswa pengurus Studio Statistik Universitas Brawijaya.

(umh)