Dosen FMIPA Unipdu mempresentasikan Hasil Penelitian Bidang Pendidikan Fisika dan Kimia dalam Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains (SNIPS) di Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung

By: Admin | Posted on: 2016-03-25 | Kunjungan : 1188

Dua dosen FMIPA Unipdu; Indra Kusuma W., M.Pd. dan Wiwit Denny F., M.Si., mempresentasikan hasil penelitian bidang Pendidikan Fisika dan Kimia dalam Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains (SNIPS) yang disenggarakan oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2015 sebagai wujud komitmen dosen FMIPA Unipdu terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tri Dharma Perguruan Tinggi, seperti yang tertuang dalam UU RI No 12 Tahun 2012, menyatakan bahwa salah satu tugas utama dosen, selain bidang Pendidikan dan Pengabdian kepada Masyarakat, adalah bidang Penelitian.

 

Dosen FMIPA Unipdu menyadari bahwa dosen mengemban tugas mulia sebagai seorang pendidik profesional dan ilmuwan yang mentransformasikan dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui penelitian. Penelitian mempunyai peran cukup vital dalam dunia pendidikan tinggi karena melalui penelitian dosen dapat mengembangkan pengetahuan dan mengaplikasikannya dalam berbagai fenomena yang terjadi, baik dalam kegiatan pengajaran dan pembelajaran di kelas, interaksi sosial kemasyarakatan maupun kejadian ilmiah di lingkungan alam yang akan memperkaya khasanah keilmuan di Indonesia.

 

SNIPS yang digelar pada tanggal 8 - 9 Juni 2015 merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Prodi Magister Pengajaran Fisika ITB sebagai wahana dan sarana bertukar pikiran, ide, gagasan serta pengalaman bagi banyak pihak yang bergelut dalam dunia Sains dan Pendidikan Sains, mulai dari peneliti yang belajar Sains, pengajar dan pendidik yang mengajarkan Sains, pengguna yang memanfaatkan aplikasi Sains, sampai khalayak yang hanya menjadi penikmat Sains. Simposium yang bertempat di Gedung Aula Timur dan Aula Barat ini dibuka oleh Dekan FMIPA ITB, Prof. Dr. Edy Tri Baskoro dan menampilkan dua pembicara utama sebagai pakar dalam bidang Sains dan Pendidikan Sains, yaitu Prof. Dr.Eng. Zaki Su’ud dan Prof. Dr. M. Salman. A.N.

 

Gambar 1. Dosen FMIPA Unipdu; Indra Kusuma W., M.Pd. (Kanan) dan Wiwit Denny F., M.Si. (Kiri), berfoto bersama Guru Besar Matematika ITB, Prof. Dr. Salman, A. N. (Tengah) pada acara SNIPS ITB 2015. (Sumber: http://bit.ly/1nLwgGA)

 

Pada simposium tersebut Indra Kusuma W., M.Pd. mempresentasikan hasil penelitian tentang Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah yang diperlukan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan Wiwit Denny F., M.Si. mempresentasikan hasil penelitian terkait dengan Uji Aktivitas Antioksidan dari Daun Kelor (Moringa oleifera). Presentasi hasil penelitian dari kedua dosen FMIPA Unipdu tersebut mendapat apresiasi dari peserta simposium lainnya karena merupakan inovasi dalam Sains dan Pembelajaran Sains.

 

Gambar 2. Dosen FMIPA Unipdu seusai mempresentasikan hasil penelitian bidang Pendidikan Fisika dan Kimia pada acara SNIPS ITB 2015. (Sumber: http://bit.ly/1RjM24e

 

Perkembangan Sains dan Teknologi yang semakin pesat dewasa ini baik secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi cara pembelajaran Sains. Oleh karena itu, Pembelajaran Sains, terutama Fisika dan Kimia, apabila tidak dikaitkan dengan perkembangan Sains dan Teknologi pada saat ini akan terasa hambar karena materi pembelajaran yang diajarkan terlihat tidak dapat dengan mudah diaplikasikan pada hal- hal yang ditemui dalam keseharian kehidupan peserta didik. Untuk itulah harus dilakukan inovasi dalam Pembelajaran Sains sehingga belajar Sains akan menjadi kegiatan yang menarik dan menyenangkan.

 

Pembelajaran sains mempunyai potensi besar untuk memainkan peran strategis dalam mempersiapkan peserta didik dan generasi penerus bangsa untuk menghadapi industrialisasi dan globalisasi terutama pada saat ini Indonesia ikut berpartisipasi dalam MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) sehingga Pembelajaran Sains diharapkan berorientasi pada inovasi, pengembangan kemampuan berpikir dan berbahasa, penanaman nilai-nilai etika dan estetika, kemandirian, kemampuan memecahkan masalah, serta pokok-pokok pikiran lainnya yang berkembang seiring dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

(Kontributor: Expert-Team Website FMIPA)

 

 

Silahkan lihat juga Index Berita :

Dosen FMIPA Unipdu mengikuti Workshop dan Pelatihan Dosen Matematika dan Pendidikan Matematika yang diselenggarakan IndoMS Jawa Timur

 

 

Informasi Kontak FMIPA Unipdu :

Gedung Kampus Utama Unipdu Lt. 1

Kompleks PP Darul 'Ulum Peterongan Jombang, Jawa Timur, 61481

Program Studi : 1. Sains

                2. Pendidikan Matematika

Telepon (0321) 876771, 860156

Email : fmipa@unipdu.ac.id